Sunday, January 19, 2014

Agen Asuransi Harusnya Pintar Memberi Petunjuk

Hallloooooooooooo Temans,,,,,

Balik lg nie bersama gw, kali ini gw mau ngebahas soal Agen Asuransi yang harusnya pinter memberi petunjuk bukan membujuk (slogan salah satu iklan).

Kenapa gw bilang emang bener nie slogan, harusnya para agens bukan hanya pintar membujuk nasabah membeli produk asuransi, yang akhirnya akan membuahkan hasil yg tdk baik.

Pada dasarnya, produk asuransi unit link yang saat ini lg tren di masyarakat Indonesia, membutuhkan edukasi lbh dalam, agar tdk ada kesalahpahaman dalam mengartikan produk unit link ini. Ketika premi yang dibayarkan setiap bulannya digabung dengan investasi, maka akan berlaku biaya akusisi dimana besaran biaya akusisi ini akan bertambah kecil ditahun ke 5, dan setelah tahun ke5 dstrusnya, biaya yang dikeluarkan hanya biaya manfaat proteksi yang diambil serta administrasinya, oi ya utk biaya investasi jg berlaku tergantung dari kantung investasi dimana uang nasabah dikelola, serta ada beberapa asuransi menerapkan sistem harga jual dan beli, sehingga otomatis akan ad potongan biaya 5%, misal harga unit di manager investasi saat ini 100 rupiah/unit, maka harga yang akan diberlakukan ketika pencairan dana (nasabah ambil uang di tabungan invetasi) adalah bukan harga 100 rupiah/unit, tapi 95 rupiah/unit karena harga yang diberlakukan adalah harga beli bukan harga jual.

Akan lebih bijak, ketika yang dibutuhkan adalah invetasi, langsung alokasikan dana ke reksadana dimana setiap bank juga telah menyediakan jasa pelayanan reksadana ini, salah satunya Bank BUMN Mandiri, untuk jangka pendek bisa alokasikan dana ke deposito. Jika concern ke proteksi, ada banyak jasa Perusahaan Asuransi menyediakan asuransi murni, dimana hanya kesehatan, jiwa, kecelakaan yang akan dicover, ini akan menghasilkan manfaat yang lebih optimal dibandingkan harus menggabungkan kedua fungsu yang jelas berbeda di produk UNIT LINK. Beberapa Perusahaan Asuransi yang menyediakan produk Asuransi murni, yang admin ketahui adalah Axa Mandiri, nama produknya Mandiri Jiwa Sejahtera, manfaat yang bisa diambil Asuransi Jiwa, Kecelakaan, Rawat Inap Rumah Sakit dengan masa kontrak 1, 5, dan 10 tahun tergantung dari pilihan nasabah.

Sebagai advice buat pembaca, jangan terlalu gampang percaya dengan agen Asuransi yang mengatakan bahwa cukup bayar 10 tahun (kontrak asuransi di Unit Link) maka akan diproteksi seumur hidup dengan  nilai tunai yang menggiurkan (biasanya tertera ilutrasi nilai tunai ini di proposal yang dibuat oleh agen Unit Link), karena pada prinsipnya, semakin tua umur seseorang akan mempengaruhi pembayaran premi yang semakin besar, ini berbanding lurus dengan resiko.

No comments:

Post a Comment